Sabtu, 18 Februari 2012

Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia, review Alvina Vanila

Judul Buku :
Penulis : Eka Nada Shofa Alkhajar
Desain sampul dan Layout : Yudhi Herwibowo
Editor : Anton WP
Penerbit : Bukukatta
Cetakan pertama : 2012
Tebal : 156 halaman, paperback
ISBN : 978-979-1032-68-1





Pertama kali membaca judul buku ini, saya sudah dibuat penasaran. Bagaimana tidak? Ada kata “misterius” yang tertulis besar di sampulnya. Berdasarkan KBBI, makna misterius adalah penuh rahasia; sulit diketahui atau dijelaskan (krn tidak jelas tanda-tandanya dsb). Tuh kan, malah semakin membuat saya penasaran, siapa saja manusia-manusia yang mendapat gelar tersebut yang akan “dibedah” penulis di buku ini?

Ikut penasaran juga? Saya ceritakan sedikit ya, sedikiit aja, biar pada tambah penasaran. :D

1. Jack the Ripper

Bagi pencinta novel detektif atau misteri, pasti nama ini sudah sering kita dengar, baca, bahkan berkali-kali ia menjadi tokoh dalam cerita film. Kisah Jack the Ripper mengingatkan kita akan kasusnya yang sampai sekarang tak terselesaikan karena misteri siapa dia sebenarnya masih belum terkuak. Jack the Ripper adalah pembunuh yang terkenal akan kesadisannya dalam menghabisi nyawa beberapa orang pelacur di abad 19.
Penulis membeberkan beberapa teori yang mencoba memecahkan misteri siapa sebenarnya Jack ini. Konspirasi yang membawa nama baik polisi, pers, bahkan sampai ke kerajaan Inggris juga disuguhkan di buku ini. Berbagai tersangka disajikan lengkap dengan alasan-alasan, baik yang memperkuat maupun yang bertentangan sehingga pembaca tidak melihatnya hanya dari satu sisi saja.

2. King Arthur
Nah kalau yang ini pasti sudah banyak yang mengenal namanya, Arthur sering muncul di banyak cerita sejarah, film, dan berbagai serial jaman pertengahan. Tentu saja ketenaran Arthur diiringi kisah-kisah tentang Excalibur, Merlin, Ksatria Meja Bundar, Cawan Suci dan masih banyak hal lagi yang berkaitan dengannya. Tapi benarkah kesemua cerita tentang Raja Arthur itu asli?
Untuk itu penulis memaparkan beberapa temuan historis yang mengungkapkan siapa sebenarnya Arthur ini. Ada yang menyebutkan bahwa ia Raja, tapi tak sedikit yang berpendapat bahwa sebenarnya Arthur hanya seorang panglima. Alhasil banyak mitos dan legenda yang berbeda tentang dia, termasuk di mana dan bagaimana cara kematiannya.

3. The Man in The Iron Mask

Bagi penggemar Leonardo di Caprio, pasti nama ini tak asing lagi di telinga. Film yang diluncurkan tahun 1998 dengan judul sama cukup membuat kegemparan dunia dengan mempertanyakan apakah tahanan dalam topeng besi itu nyata atau fiksi belaka. Tapi tahukah Anda, bahwa The Man in The Iron Mask benar-benar ada dan tengkoraknya ditemukan di Bastille pada tahun 1789. Masalahnya, siapa sebenarnya pria dalam topeng ini masih menjadi misteri.
Tahanan ini dikenal hidup pada jaman Saint-Mars, seorang Gubernur Bastille pada jaman Louis XIV. Siapa tahanan ini, apa kesalahannya dan mengapa tidak langsung dihukum mati saja telah menimbulkan banyak perdebatan sampai sekarang. Di buku ini, penulis mencoba melacak siapa sebenarnya tahanan tersebut berdasarkan beberapa pendekatan dan bukti-bukti yang diperoleh dari sejarah. Spekulasi yang kadang diperkuat atau dilemahkan oleh argumen-argumen juga disampaikan dengan jelas.

4. Nostradamus
Meski Ia dikenal sebagai seorang peramal, ternyata Nostradamus juga seorang dokter dan pakar obat-obatan. Seorang peramal Perancis di Abad ke-16 ini telah menghebohkan dunia bahkan setelah kematiannya ratusan tahun silam. Karya Fenomenalnya, The Centuries, telah mengejutkan dunia dengan beberapa ramalannya yang terbukti menjadi nyata. Penulis menjabarkan beberapa pandangan terhadap ramalan Nostradamus yang terkenal ini. Ada pihak yang meyakini, tapi ada juga yang skeptis terhadap tuah ramalan tersebut.

5. Robin Hood
Seorang lelaki yang mendermakan hasil curiannya ke orang-orang miskin, senjatanya busur panah dan hidupnya di hutan Sherwood. Itu deskripsi singkat yang sering kita dengar tentang Robin Hood. Banyak cerita yang berkisah tentang kegagahan Robin Hood, tapi sebenarnya dia itu nyata atau fiksi? Beberapa kisah dituliskan di buku ini untuk mencoba menyingkap misteri siapa sebenarnya Robin Hood. Pembaca juga diberikan beberapa nama yang disebut-sebut merupakan Robin Hood yang sebenarnya. Tapi kembali lagi, nama yang mana yang benar-benar merupakan nama asli dari Sang Pencuri dna Pemanah ulung tersebut?

6. Uri Geller

Merasa asing dengan nama ini? Sejujurnya, saya juga baru membaca kehebatan Uri di buku ini. Ia adalah seorang ilusionis yang kalau di Indonesia mungkin seperti Deddy Corbuzier. Uri memiliki kemampuan psikokinesis (mempengaruhi benda dari jarak jauh). Di buku ini diceritakan bagaimana kisah Uri sejak pertama kali muncul di layar kaca sampai saat ini menjadi seorang yang kontroversi dan masih misterius. Disebutkan juga bahwa meski terkenal akan kemampuannya, banyak pihak yang meragukan apakah sahabat Michael Jackson ini sebenarnya seorang penipu atau bukan.

Dari keenam orang yang digelari “misterius” oleh penulis, kesemuanya diberikan penjelasan akan dampak budaya maupun dari segi Industri yang menjadikan hal-hal yang berhubungan dengan nama-nama di atas menjadi suatu komoditas. Banyak film, buku, game, kunjungan wisata, dan tempat bersejarah yang telah dikomodifikasi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Sayangnya tidak dijelaskan alasan mengapa penulis memilih keenam tokoh ini dari sekian banyak manusia misterius di luar sana. Beberapa typo juga masih sering muncul meski tidak terlalu mengganggu.

Tapi kelebihan buku ini adalah bagaimana penulis mampu menghubungkan antara sejarah dengan fiksi yang melegenda.

3,5 bintang untuk buku ini!

http://orybooks.blogspot.com/2012/02/manusia-manusia-paling-misterius-di.html

Tidak ada komentar: