Kamis, 21 Juli 2016

Selama Batang Balangan Masih Mengalir...., komik Anton WP



Komikus: Anton WP
Ukuran : 10.5 x 21 cm
Isi : 32 halaman kertas BC Putih 150 gram
Cetakan I, 2016
Genre : Komik Sejarah
Harga 25.000 IDR 

Sekilas Sejarah
Wilayah Kesultanan Banjar pada mulanya meliputi wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Namun, Belanda yang sejak akhir abad ke-18 ingin menguasai kekayaan bumi Kalimantan kemudian melakukan berbagai cara dan tipu daya hingga Sultan Banjar saat itu, Sultan Sulaiman, menandatangani perjanjian dengan Belanda pada 1817. Isi perjanjian tesebut adalah penyerahan sebagian wilayah Kesultanan Banjar kepada pihak Belanda, yaitu daerah Tanah Laut, Kotawaringin, Mundawai, Lawai, Dayak, Jalai, Bakumpai, Pasir Kutai, Sintang, Beran, dan Pigatan. Wilayah Kesultanan Banjar kala itu hanya tersisa di daerah Banjarmasin, Martapura, dan Hulu Sungai.
Menyempitnya wilayah kekuasaan membuat penghasilan Kesultanan Banjar menurun dan terpaksa mengandalkan sektor agraris. Kesultanan Banjar yang dulunya terkenal sebagai negeri maritim akhirnya menjadi sangat tergantung pada pajak dari rakyat.
Banua Lima yang bertanah subur, padat, dan makmur penduduknya merupakan lumbung padi kesultanan dan sumber pajak terbesar. Pajak yang kemudian dinaikkan hingga dua kali lipat membuat rakyat menderita dan memicu pemberontakan rakyat yang dipimpin Jalil.
Kedatangan Pangeran Hidayat dan Pangeran Antasari kemudian mengubah  pemberontakan yang mulanya hanya menentang penguasa Banua Lima ini menjadi gerakan perlawanan terhadap penjajah Belanda. 

Tentang Komikus
Anton WP tinggal dan bekerja di Balangan. Ia menyukai menulis dan menggambar. Kartun pertamanya dimuat di Serambi Indonesia Minggu ketika ia duduk di kelas 3 SMP. Setelah itu beberapa kartunnya dimuat di koran harian terbitan Aceh itu, majalah Ceria Remaja, dan Majalah Humor. Pernah menerbitkan komik indie yang diperbanyak secara fotokopi dan mengikuti acara pekan komik dan animasi di Jakarta dan Malang. “Selama Batang Balangan Masih Mengalir…” merupakan komik pertamanya. 
Email : bung_anton@yahoo.com

Tidak ada komentar: