Rabu, 16 Juni 2010

Menyingkap Misteri-Misteri yang Abadi, Resensi Akhmad Sekhu di Surabaya Post, 9 Mei 2010




-->Judul Buku : Misteri-misteri Terbesar di Dunia
Penulis : Tony Hendroyono


Penerbit : Buku Katta, Solo
Cetakan : April 2010
Tebal : 136 halaman
Harga : Rp. 27.000,-



Pecinta kisah misteri tentu langsung penasaran begitu melihat sampul buku ini. Sebuah penggambaran kisah misteri-misteri terbesar di dunia yang diwakili dari dua fenomena yang bertolak belakang antara gambaran misteri jaman baheula dahulu kala dengan obyek Piramida Mesir dengan gambaran misteri jaman masa depan yang sering mewarnai kisah-kisah misteri cerita science-fiction dengan obyek makhluk luar angkasa. Paduan dua fenomena bertolak-belakang ini tentu menimbulkan sensasi tersendiri.
Buku berjudul Misteri-misteri Terbesar di Dunia yang ditulis Tony Hendroyono ini menguak misteri-misteri terbesar di dunia, yang tampak seperti “abadi” karena tak habis-habis tetap dibahas oleh orang-orang sejagat. Sebagaimana yang dialami penulis buku ini yang skeptis sekaligus juga menantang. Bagaimana tidak skeptis karena tema tersebut sudah terlalu banyak dibahas oleh buku-buku yang beredar di pasaran jauh sebelum buku ini disusun.
Tapi penulis merasa tertantang karena harus memberi kebaruan informasi dibanding buku-buku lain. Juga penulis harus dapat menyajikan penjelasan secara ilmiah tentang terjadinya fenomena atau obyek misterius yang dibahas. Ada hasil-hasil penelitian dan teori-teori yang mengikutinya. Hasil penelitian ini sebagai penyeimbang persepsi-persepsi pembaca yang sudah terbentuk. Meski kadang-kadang masing-masing teori saling bertentangan satu sama lain, setidaknya ada usaha untuk menjelaskan fenomena itu secara logis.
Dalam buku ini ada enam kisah misteri-misteri terbesar di dunia, yaitu misteri Segitiga Bermuda, Benua Atlantis, Suku Maya, Piramida Mesir, Stonehenge dan Monster Ogopopo & Loch Ness. Semua obyek tersebut tentu sudah sangat populer, tapi tetap menjadi pembicaraan hangat karena sampai sekarang belum juga terpecahkan secara gamblang. Belum ada satu teori yang benar-benar disepakati menjadi suatu kebenaran sebagai penjelasan yang logis dari berbagai fenomena tersebut.
Segitiga Bermuda yang sangat fenomenal, misalnya, meskipun penelitian terus belanjut sampai sekarang, tapi belum bisa menjelaskan kasus hilangnya beberapa kapal dan pesawat di area ini. Uniknya, Segitiga Bermuda sampai sekarang tetap menjadi wilayah transportasi paling padat di dunia, karena letaknya yang memang strategis menghubungkan Benua Amerika, Eropa, dan Asia. Untuk itulah sebagian peneliti beranggapan bahwa padatnya lalu lintas di Bermuda menjadikan prosentase kecelakaan di wilayah ini sangat tinggi. Jadi wajar saja sering terjadi kasus kecelakaan yang aneh. Tapi kemudian, sanggupkah para ilmuwan menjelaskan fenomena ini secara gamblang di masa mendatang?
Atlantis, membahas gambaran kehidupan masyarakat yang adil makmur, gemah rimpah loh jinawi, kerap menyertai cerita tentang negeri Atlantis. Filsuf besar Plato yang menghembuskan kabar bahwa terdapat sebuah kerajaan besar dalam sebuah pulau yang besar pula bernama Atlantis. Katanya, kerajaan Atlantis merencanakan penyerbuan besar ke Athena. Tapi di luar dugaan Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir. Tidak sampai sehari semalam, benua itu tenggelam ke dasar laut. Negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam. Sebagian ilmuwan meyakini bahwa Benua Atlantis yang termasyur di masa lampau itu adalah wilayah yang sekarang disebut Kepulauan Indonesia. Bukti sistem terasering di bidang pertanian serta kekayaan yang melimpah menguatkan teori itu.
Suku Maya adalah salah satu peradaban kuno yang paling terkenal di dunia. Suku yang tinggal di daratan Amerika Tengah ini tidak hanya memiliki kebudayaan tinggi dan mewariskan bangunan-bangunan megah seperti house of the dove (rumah merpati) di kawasan Mesoamerika, tetapi mereka juga terkenal dengan kemisteriusannya. Peninggalan sejarah peradaban Suku Maya bertebaran di wilayah Amerika Tengah. Namun, sampai kini belum bisa ditelusuri secara pasti sisa-sia orang-orang Suku Maya. Apakah mereka punah akibat bencana alam, wabah penyakit, atau melarikan diri dan menyebar ke seluruh pelosok dunia?
Piramida Mesir sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Ribuan tahun sebelum Masehi, Bangsa Mesir Kuno sudah sanggup membuat piramida yang begitu kompleks. Muncul beberapa teori tentang metode dalam pembangunan piramida. Sebenarnya teknologi apa yang dipakai bangsa Mesir tersebut? Meski pada ahli sudah bulat menganggap bangunan megah bersejarah itu berfungsi sebagai makam Firaun, tapi tetap saja banyak ilmuwan lain yang meragukan untuk apa sebenarnya piramida itu dibangun?
Stonehenge adalah lingkaran batu raksasa yang saling bertumpuk. Pemandangan eksotis itu begitu misterius. Letaknya di Salisbury, Inggris. Monumen tersebut diduga sebagai pangkalan UFO, atau malah sebagai observatorium masa lalu. Teori manakah yang benar?
Ogopopo dan Nessie adalah monster-monster penjaga danau yang muncul di permukaan air dan dipercaya oleh orang-orang. Mereka menampakkan diri pertama kali pada tahun 1872. Adalah penulis bernama Susan Allison yang mengaku melihat monster ini berenang di permukaan danau. Allison bersumpah bahwa ia melihat maklhuk tersebut secara sadar dan sangat jelas. Para ilmuwan pun berlomba-lomba menangkap basah makhluk misterius tersebut. Mampukah para peneliti melacaknya?
Dalam setiap pembahasan fenomena obyek misterius selalu berakhir dengan pertanyaan. Tapi buku ini sedikit banyak telah memberi gambaran gamblang tentang berbagai keanehan-keanehan yang terjadi di muka bumi. Diharapkan, dengan membaca buku ini, pembaca mulai tercerahkan dan mulai menggali informasi-informasi lebih dalam lagi tentang misteri-misteri terbesar di dunia ini yang “abadi”.

Akhmad Sekhu,
pengamat buku, tinggal di Jakarta dan Tegal.

1 komentar:

Tessie Setiabudi mengatakan...

Dear pak Akhmad Sekhu, saya sangat terkesan dengan tulisan bapak http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/96023

Jadi gimana kalau ikut lomba nulisnya: Ikuti lomba nulis 1 paragraph & dapatkan Blackberry, emas batangan & uang tunai http://pensiungaul.com/lomba.html