Kamis, 08 Juli 2010

Pangu, Fuxi, & Nuwa, kisah-kisah mitologi china


Penulis : Andri Saptono
ukuran : 15 x 23 cm
isi : 160 halaman boo paper finland 57,5 gr
Rp. 33.300
Cetakan I, 2010
Genre : mitologi
ISBN : 978-979-1032-38-4

Semula bumi dan langit belum ada. Semua kekuatan alam semesta masih terkumpul dalam sebuah telur yang berguling dan berputar tak beraturan melayang-melayang di kegelapan jagad raya.
Di dalam telur itu ternyata ada kehidupan...
- Pangu dan Awal Mula Dunia

Dengan tanah liat itu Nuwa mulai membuat sebuah patung yang sesuai dengan bentuk dirinya. Tapi ketika sudah separuh jadi ia berhenti sejenak. Patung itu tampak lebih kecil daripada dirinya. Sesaat Nuwa menjadi ragu. Ah, tak mengapa, aku ingin membuat sesuatu yang baru pikirnya.
- Nuwa dan Terciptanya Manusia

Fuxi tinggal bersama manusia dan menyadari ada yang kurang pada manusia. Ya, biarpun manusia memiliki bentuk yang menyerupai dewa dan hidup bahagia, namun mereka tidak memiliki kekuatan gaib seperti para dewa.
- Fuxi dan Awal Mula Peradaban Manusia

“Belajar tanpa berpikir adalah celaka, tetapi berpikir tanpa belajar juga sama buruknya. Jangan risau jika tak seorang pun mengenalmu, tetapi jadilah orang bermanfaat bagi sesamamu. Seorang manusia pandai dapat mempengaruhi penguasa yang berada di atasnya tapi manusia bodoh hanya dapat mempengaruhi mereka yang di bawahnya. Jangan lakukan kepada orang lain apa yang kamu tidak ingin diperbuat orang lain kepadamu.”
- Legenda Chi-Lin

Tidak ada komentar: