Kamis, 29 Juli 2010

Izanagi X Izanami: Kisah dari Negeri Matahari, Resensi Truly Rudiono

Pengarang : Anton WP
Halaman ; 94
Penerbit : Katta

Siapa yang tidak mengenal Negara Jepang? Dengan nama resmi Nipponkoku/Nihonkoku banyak yang bsia digali dari negara ini. Selain pernah menjajah kita selama 3.5 tahun negara ini sekarang merupakan salah satu negara yang memiliki produk bruto terbesar.

Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tangan perdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.(http://id.wikipedia.org/wiki/Jepang)

Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Pada mitologi, uumnya pekau adalah dewa-dewi atau monster.

Buku ini juga mengisahkan mengenai Mitologi Jepang yang diambil dari sumber kuno. Ceritanya mungkin akal diluar nalar, jika mau dianggap fantasi, maka fantasi yang aneh. Misalnya bagaimana sepasang dewa bisa melahirkan sebuah pulau, dalam buku ini dianalogikan sebuah daratan busa.

Setiap hal pastilah mengandung makna tersembunyi. Demikian juga dengan banyak cerita di dalam buku ini. Misalnya saja saat Izanagi dan Izanami diharuskan memutari Tiang Agung Surga. Akibat Izanami yang terlebih dahulu menegur maka mereka mendapatkan anak-anak yang terlahir cacat. Sesudah mendapat pencerahan dari para dewa, maka sekali lagi memutari Tiang Agung Surga, namun kali ini Izanami yang terlebih dahulu menegur. Terbukti anak-anak mereka selanjutnya terlahir sempurna. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian, bahwa setiap prempuan harus mampu menahan dirinya dalam bersikap, terutama jika berhubungan dengan urusan pria.

Atau saat sang Istri, Izanaki meninggal sementara Izanami tidak merelakan kepergian istrinya. Ia nekat hendak menjemput istrinya di alam lain. Yang dia lihat adalah sosok yang sangat berbeda dengan yang dikenangnya, sosok yang menakutkan! Ini memberikan pengertian, bahwa suratan perjalanan hidup bukan ditentukan berdasarkan mau seseorang, namun kehendak Sang Pemilik. Manusia tidak kuasa menentang apa yang sudah digariskan, atau jika nekat akan berakibat buruk.

Kekurangan buku ini adalah pada pembuatan babnya. Sebaiknya dari pada dibuat perbab yang kadang hanya terdiri dari 1 halaman saja, akan lebih enak jika dibuat sebagai sebuah cerita yang terdiri dari satu atau dua bab namun disetiap babnya ada beberapa sub bab.

Buku ini merupakan rangkaian mitologi yang diterbitkan BukuKatta dan dibuat oleh penulis yang sama. Saya sebenarnya lebih menyukai buku yang pertama, Mitologi Yunani, namun tetap tak sabar untuk menunggu Mitologi China yang segera akan diterbitkan.

BTW Selamat Menempuh Hidup baru buat penulisnya...
Jangan liburan lama-lama ya Mas, nanti buku selanjutnya enggak selesai dalam waktu dekat ^_^

dipetik dari: http://www.facebook.com/notes/truly-rudiono/izanagi-x-izanami-kisah-dewa-dewi-dari-negeri-matahari/446228447278

Tidak ada komentar: