Rabu, 25 September 2019

Sebuah Memoar dari Catatan Perjuangan - Kumpulan Cerita Memoar SIswa Kelas IX Angkatan ke-7 SMP Muhammadiyah PK Surakarta


Ukuran : 14 x 20,5 cm
Isi : 200 halaman kertas bookpaper 57 gram
Cetakan I, 2019
Genre : Memoar
ISBN: 978-623-7245-06-3

Buku berisi kumpulan tulisan ini bukan sekadar upaya mengumpulkan kenangan, tapi menjadi lorong waktu. Suatu saat, lulusan SMP Muh PK Kottabarat yang terserak sebagai pengembara bisa memasuki lorong waktu untuk mengingat kembali kebersamaan mereka selama tiga tahun. Konflik, kesetiakawanan, perjuangan, kasih sayang, menyatu siap untuk dikenang kembali. Buku ini adalah sebuah souvenir (bhs. Perancis) bukan hanya berarti tanda mata tapi juga kenangan. (Syifaul Arifrin, Wartawan Solopos)

Kehadiran memoar ini sebagai bentuk apresiasi terhadap pengembangan literasi bidang sastra di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Enam puluh siswa telah melakukan proses kreatif yang menghasilkan untaian stanza sarat makna, sebagai bentuk ekspresi rasa, asa, dan karsa mereka. Orisinalitas karya yang mereka hasilkan merupakan bentuk aktualisasi diri calon kader Muhammadiyah yang unggul, kuat, dan sigap dalam memajukan (jihad) pendidikan yang berkualitas dan menggembirakan. (Drs. H. Marpuji Ali, M.SI., Bendahara Pimpinan Pusat Muhammadiyah)

Membaca buku ini, kita akan memahami nilai-nilai yang hidup di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Cerita yang ringan dan mengalir, membuktikan bahwa penulis-penulis pemula ini memang generasi milenial yang berkualitas. Selamat SMP MUH PK, semoga budaya literasi ini terus tumbuh sehingga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain. (Dr. Mohamad Ali, M.Pd., Direktur Perguruan Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat)

Selamat, Nak. Kalian luar biasa! Torehan kata demi kata yang terkristal dari kenangan-kenangan selama menimba ilmu di sekolah kita tercinta merupakan pencapaian yang luar biasa bagi kelas IX angkatan 7. Kala kita rindu, buku ini akan jadi obat yang mujarab. (Wahyuni Haning Lestari, S.Pd., Guru Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Muh PK)

Tidak ada komentar: